Tempat Wisata Wonogiri Yang Wajib dikunjungi




Kerjasama Liputan ,Launching – Riview – Iklan Bus dan Travel

Email : donisetiawan55@gmail.com

JANGAN LUPA FOLLOW IG KAMI @DONNI87

Dailybus.net-Libur panjang sebentar lagi akan datang pastinya anda mencari referensi tempat wisata bagi yang ingin merencanakan berlibur bersama keluarga. jika anda berniat untuk mengunjungi jawa tengah tidak ada salahnya mencoba berkunjung ke Kabupaten Wonogiri tepatnya di sisi selatan berbatasan dengan provinsi jawa timur. ternyata banyak sekali obyek wisata yang cukup menarik dan patut dikunjungi di kota gaplek ini. nah di artikel kali ini dailybus memberikan saran beberapa tempat wisata wonogiri yang wajib dikunjungi.
1. Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur
waduk gajah mungkurWaduk Serbaguna Gajah Mungkur merupakan sebuah waduk yang di bangun pada tahun 1970an dan beroperasi pada tahun 1978 luasnya 8800 hektar yang membendung sungai bengawan solo serta dapat mengairi lahan sawah seluas 23600 hektar di daerah sukoharjo klaten karanganyar dan sragen. selain itu waduk ini juga memiliki PLTA sebesar 12.4 MW
waduk gajah mungkur juga tempat rekreasi keluarga yang patut dikunjungi karena disini banyak sekali wahana bermain seperti kapal boat, waterboom dan disekitar waduk banyak sekali kuliner ikan yang patut untuk dicoba ketika kesini.
2.Puncak Gantole
bukit gantoleTidak jauh dari Waduk Serbaguna Gajah Mungkur sekitar 6 kilometer dari sana ada sebuah bukit yang familiar disebut dengan bukit/puncak gantole. yap tempat ini memang biasanya digunakan untuk olahraga gantole di bulan terntentu.
di bukit gantole ini pemandangannya sangat indah cocok untuk menonton sunset. kita bisa memandang keindahan kota wonogiri maupun waduk gajah mungkir yang luas dari atas bukit sambil menikmati indahnya sunset di bukit gantole.
3.Museum Karst Pracimantoro
museum karst wonogiriTerletak di selatan wonogiri tepatnya kecamatan pracimantoro ada museum karst yang beralamat di desa gerbangharjo dan dinilai merupakan museum karst terbesar dan terunik di indonesia bahkan di asia tenggara. dibangun pada tahun 2008 dan efektif menjadi tempat wisata tahun 2010, museum ini memiliki fungsi pendidikan referensi sekaligus menjaga keberadaan situs atau fungsi lindung.
di museum karst ini ada 7 gua yang mengelilinginya diantaranya adalah gua Tembus. gua mrico.gua sodong, gua gilap, gua sapen,gua sonya ruri dan goa potro bunder dan masing masing gua memiliki kedalaman serta filosofi yang berbeda. letak museum ini berada di sekitar perbukitan gamping disengaja agar para pengunjung yang datang dapat belajar mengenai batuan karst dan sejarah gua.
4. Pantai Nampu dan Sembukan
nampuSelain Waduk dan museum wonogiri juga mempunyai pantai yang indah yaitu pantai nampu dan pantai sembukan. terletan di kecamatan paranggupito sekitar 2 jam dari pusat kota wonogiri. kedua pantai ini memiliki karakteristik yang berbeda, pantai nampu dengan pasir putihnya yang bersih dan garis pantai yang cukup panjang. jika sedang surut akan terlihat karang yang cukup luas dan anyak il=kan kecil disekitarnya. sedangkan pantai sembukan mempunyai karakteristik pantai berkarang dan memiliki bukit, diatas bukit ada sebuah bangunan mushola. untuk mencapai keatas sobat harus menaiki anak tangga yang cukup banyak dan lumayan menguras tenaga untuk sampai ke bangunan diatas bukit. pantai sembukan juga biasa digunakan untuk ritual larung di bulan tertentu karena menurutkepercayaan masyarakat setempat pantai ini merupakan salah satu gerbang menuju istana nyi roro kidul.
5. Obyek Wisata Setren Girimanik
girimanikWonogiri juga memiliki Air terjun alam yang terletak di kecamatan slogohimo tepatnya di desa setren . berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota wonogiri, objek wisata air terjum setren girimanik ini memiliki keindahan alam yang masih asri. terdapat 3 air terjun yang masing masing bernama manik moyo, tejo moyo dan condro moyo. air terjun tertinggi adalah manikmoyo dengan ketinggian sekitar 70 meter.

selain sebagai objek wisata, setiap tahun di setren dilakukan upacara adat susuk wangan yaitu upacara syukuran warga setren atas hasil bumi yang melimpah.
Untuk menuju Air Terjun Manikmoyo diperlukan waktu sekitar 5 menit dari lokasi perkemahan.  Sedangkan untuk ke Air Terjun Tejomoyo diperlukan waktu 30 menit dari bumi perkemahan  dengan mengambil arah jalan lain menuruni lembah.  Dan untuk ke air terjun yang ketiga Condromoyo, dari jalur kedatangan tepat di persimpangan antara bumi perkemahan dan Air Terjun Tejomoyo mengambil jalan ke arah kanan.  Waktu yang diperlukan ke air terjun ketiga ini sekitar 15 menit.
6. Obyek Wisata Spiritual Kahyangan
kahyanganKahyangan menrupakan salah satu obyek wisata spiritual di wonogiri. terletak di kecamatan tirtomoyo sekitar 30 kilometer dari pusat kota wonogiri. terdapat tempat tempat yang mempunyai nilai sejarah atau cerita di kawasan Kahyangan mulai dari utara hingga selatan, yaitu sebagai berikut:
1. Sela Betek
2. Sela Gapit/Penangkep
3. Sela Payung
4. Sela Gilang/ Pesalatan
5. Sela Gawok
6. Pemandian Kahyangan (kedung = pertemuan 2 arus sungai)
  Tempat- tempat tersebut memang mempunyai cerita tersendiri, karena konon setiap para pendahulu memanfaatkannya untuk  bermeditasi untuk mencapai tujuan tertentu, misalnya menjadi pemimpin, mendapatkan pekerjaan, dan lain- lain.
sebenarnya masih banyak lagi obyek wisata yang menarik di wonogiri. jika sobat ingin tahu dibawah ini ada peta wisata lengkap kabupaten wonogiri. sobat bisa mencoba berpetualang ke kota gaplek kapanpun, selamat memilih yah.
peta_wisata_wonogiri



Be the first to comment

Leave a Reply